Sunday, November 22, 2009

Hotel Murah di Jogja

Ada sedikit tips nih buat yang mau wisata murmer alias murah meriah di Jogja.

Penginapan yang murah di Jogja ada di Jalan Sosrowijayan (I or II) atau Jalan Dagen. Semua letaknya di daerah Malioboro. Akses kesana juga cukup mudah. Untuk ke Malioboro, bisa diakses dengan TransJogja, baik dari bandara maupun dari terminal bus. Oia, orang-orang Jogja ngga kenal familiar dengan istilah busway, jadi tanyanya shuttle TransJogja ya, hehehe...

Nah kalo udah nyampe di Malioboro, jangan buru-buru memilih satu penginapan berdasarkan harganya saja. Kita bisa tanya fasilitas apa saja yang diberikan (AC, kipas angin, TV, breakfast, dll), bahkan bisa lihat kondisi kamarnya dulu. Mereka ngga bakal keberatan ko untuk menunjukkannya. Tapi ya itu tadi...jangan mengharapkan bathtub, dengan roomboy, dll ya. Namanya juga wisata murmer. Kita bisa melihat dan menilai kondisi masing-masing penginapan, sebelum akhirnya meutuskan mau menginap dimana. Aq sendiri udah dua kali nginap di penginapan Puntodewo di jalan Dagen. emang sih, letaknya agak masuk ke dalam gang, tapi so far, it's the best i can get in there.


Trus...trus...kalo ke Jogja ngga afdol rasanya kalo ngga belanja di Malioboro kan? Semua pasti udah pada tahu, tawar-menawar wajib hukumnya. Tapi udah pada tahu belum, tawar-menawar yang asik tu sekitar jam 10 pagi (di saat awal mereka mulai berdagang), dan sekitar jam 8 malam (saat mereka udah mau menutup dagangannya). Aq bilang asik karena kita relatif lebih mudah menawar untuk dapetin harga yang kita mau.

Penjelasannya gini, pembeli yang datang di awal mereka berjualan biasanya dianggap penglaris dagangannya hari itu. Jadi, kalo pembeli sudah ada di awal mereka berdagang di hari itu, dianggap akan membawa keberuntungan mendatangkan pembeli-pembeli lainnya ke lapak mereka. Ngga percaya, aq punya pengalaman belanja di Malioboro sekitar jam 10 pagi. Tawar-menawar bisa dibilang cukup mudah, sampe akhirnya aq dapet harga yang aq pengenin. Uniknya, setelah aq kasi duit ke pedagangnya, dia langsung mengibas-ngibaskan uang pembayaranQ tadi ke barang-barang dagangannya, sambil bilang, "laris...laris...laris...". :)

Nah, kalo yang malem, lain lagi penjelasannya. Aku sendiri lum tau pasti si, tapi kesimpulan yang aq tau kalo sudah malam, pedagang-pedagang itu udah buru-buru mo pulang. Jadi mereka ngga terlalu ngotot mempertahankan harga yang ditawarkan.

Oia, "peraturan" belanja tadi bisa aja diterapi di tempat lain lo. Aq si udah pernah mencobanya di Blok M, n berhasil tuh, hehehehe...

Selamat Mencoba !!

No comments:

Post a Comment